Pengembangan bahan ajar digital interaktif berbasis etnomatematika terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada materi relasi dan fungsi SMPIT Ash-Shiddiqiyyah Bekasi

Kurniawati, Nia (2024) Pengembangan bahan ajar digital interaktif berbasis etnomatematika terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada materi relasi dan fungsi SMPIT Ash-Shiddiqiyyah Bekasi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708056012_NIA KURNIAWATI_FULL] Text (Skripsi_1708056012_NIA KURNIAWATI_FULL)
Skripsi_1708056012_NIA KURNIAWATI_FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMPIT Ash-Shiddiqiyyah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran berupa bahan ajar digital interaktif berbasis etnomatematika yang diharapkan mampu menjembatani kesulitan yang dialami siswa tersebut dengan mengintegrasikan matematika dengan budaya setempat. Bahan ajar digital interaktif dikembangkan dengan menggunakan metode Research and Development (RnD). Desain penelitian yang digunakan adalah ADDIE yang meliputi tahap Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Kualitas bahan ajar digital interaktif ditinjau dari kevalidan dan kepraktisan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kevalidan bahan ajar digital interaktif berbasis etnomatematika yang dikembangkan memperoleh memperoleh persentase 98,3% oleh validator ahli I dan 75,% oleh validator ahli II, sehingga diperoleh persentase rata-rata akhir sebesar 86,9%. Dengan demikian, masuk dalam interval 85,01% – 100% maka bahan ajar ini dapat dikatakan sangat valid. Penilaian kepraktisan bahan ajar memperoleh 3,35% dari respon guru Matematika dan 3,74% dari angket respon siswa. Dari kedua persentase tersebut, diperoleh rata-rata akhir sebesar 3,72% sehingga masuk ke dalam interval 3,26 < P ≤ 4,00. Dengan demikian, maka bahan ajar digital interaktif dapat dikatakan praktis. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital interaktif berbasis etnomatematika pada materi relasi dan fungsi ini layak digunakan dalam proses pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar; Digital interaktif; Etnomatematika; Konsep matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Aug 2025 02:00
Last Modified: 27 Aug 2025 02:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27383

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics