Analisis adversity quotient dan kemampuan literasi sains siswa SMA dalam pembelajaran biologi pada penerapan Kurikulum Merdeka

Norjannah, Mukarromah (2024) Analisis adversity quotient dan kemampuan literasi sains siswa SMA dalam pembelajaran biologi pada penerapan Kurikulum Merdeka. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708086050_Mukarromah_Norjannah] Text (Skripsi_1708086050_Mukarromah_Norjannah)
Skripsi_1708086050_Mukarromah_Norjannah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan pendidikansains siswa di dunia dalam menghadapi era globalisasi di abad 21. Adversity quotient dan literasi sains sangat diperlukan dalam kurikulum merdeka untuk membantu siswa menjadi lebih independen dan berdaya guna dalam menghadapi tantangan masa depan. Melalui kegiatan pembelajaran di sekolah, adversity quotient dan literasi sains siswa dapat ditanamkan. Penelitian ini bertujuan menganalisis adversity quotient dan literasi sains siswa dalam pembelajaran biologi pada penerapan kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Kesatrian 1 Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jenis purposive sampling dengan jumlah sample sebanyak 68 siswa. Instrumen pengumpulan data adversity quotient berupa angket dalam bentuk pernyataan dan skala yang digunakan adalah skala likert, sedangkan instrumen literasi sains berupa tes yang diambil dari soal PISA 2018. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa adversity quotient terdapat empat indikator control (75,69%), origin and ownership (79,35%), reach (76,75%) dan endurance (72,98%). Literasi sains terdapat tiga indikator, yaitu aspek konten (66,52%), aspek kompetensi (66,56%) dan aspek konteks (66,50%).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Adversity quotient; Kurikulum merdeka; Literasi sains; Siswa SMA; Pembelajaran biologi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Sep 2025 02:09
Last Modified: 02 Sep 2025 02:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27448

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics