Pengembangan ebook analogi biologi untuk mendukung kemampuan retensi siswa kelas XI
Hasnun, Hasnun (2024) Pengembangan ebook analogi biologi untuk mendukung kemampuan retensi siswa kelas XI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1908086017_Hasnun]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1908086017_Hasnun.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Aktivitas pembelajaran berkaitan dengan sebuah proses yakni proses mengingat (retensi). Tingkat retensi siswa dibeberapa wilayah di Indonesia masih menunjukan angka yang tergolong rendah, hal ini didukung oleh hasil analisis kebutuhan terhadap siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Kendal, yang menunjukan kemampuan retensinya hanya mencapai 50.38%, dimana angka ini masuk pada kategori kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk pembelajaran ebook analogi biologi untuk mendukung kemampuan retensi siswa kelas XI SMA yang dinamakan KATALOG. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D), melalui model pengembangan ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ebook analogi biologi dinyatakan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran siswa kelas XI MIPA. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi ahli media (88%) dan ahli materi (73,33%), uji kelayakan melalui respon guru Biologi (90%) dan respon siswa dalam skala kecil (90%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analogi biologi; Ebook; Retensi; Siswa SMA |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 03:19 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 03:19 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27459 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year