Pengembangan E-LKPD berbasis discovery learning terintegrasi keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA/MA
Falah, Muhammad Fajrul (2023) Pengembangan E-LKPD berbasis discovery learning terintegrasi keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA/MA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1908086041_Muhammad_Fajrul_Falah]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1908086041_Muhammad_Fajrul_Falah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Berpikir kritis sebagai salah satu bentuk kemampuan kompetensi keterampilan abad 21 sangat penting bagi peserta didik. Idealnya peserta didik diharuskan bisa menjalankan aktivitas pembelajaran secara lancar dengan menerapkan kegiatan discovery (menemukan) dan menghasilkan yang bersesuaian dengan bahan ajar. Berbagai bentuk bahan ajar termasuk E-LKPD bisa diterapkan dalam mendukung program sekolah dalam menerapkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pembelajaran berupa E-LKPD berbasis Discovery learning terintegrasi keterampilan berpikir kritis yang telah dirancang menggunakan model pengembangan 4D, dengan tahapan Define/pendefinisian, Design/perancangan, Develop/pengembangan dan Disseminate/penyebaran. Produk dikembangkan berupa aplikasi berbasis android yang telah melalui berbagai validasi para ahli dan guru biologi yang kemudian diujikan dalam skala kecil untuk diketahui validitas respon peserta didik. Sampel diambil dari 30 peserta didik dari SMA Negeri 4 Semarang. Hasil penelitian ini didapatkan penilaian dari validator media berkategori sangat layak (92%), validator materi berkategori sangat layak (92,94%), validator metodologi berkategori sangat layak (85%), validator keterampilan berpikir kritis berkategori sangat layak (92,25%), penilaian respon guru berkategori sangat layak (90,52%), dan respon dari peserta didik sangat layak (88,94%). Rata-rata hasil semua penilaian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran biologi kelas XI baik peserta didik maupun guru pengampu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD; Discovery learning; Berpikir kritis; Biologi; SMA |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 04:39 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 04:39 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27466 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year