Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada pembelajaran biologi berbasis discovery learning untuk melatih keterampilan literasi sains peserta didik kelas XI SMA

Fahri Y. M, Nadilla Anggiana (2024) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada pembelajaran biologi berbasis discovery learning untuk melatih keterampilan literasi sains peserta didik kelas XI SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086055_Nadilla_Anggiana_Fahri_Y._M] Text (Skripsi_1908086055_Nadilla_Anggiana_Fahri_Y._M)
Skripsi_1908086055_Nadilla_Anggiana_Fahri_Y._M.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan abad 21 di era revolusi industri 4.0 membutuhkan inovasi dan pemanfaatan teknologi secara maksimal. Pendidik abad 21 membutuhkan inovasi yang memajukan pembelajaran peserta didik. Peneliti menghadirkan bahan ajar LKPD untuk melatih keterampilan literasi sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan lembar kerja peserta didik pada pembelajaran biologi berbasis discovery learning untuk melatih keterampilan literasi sains peserta didik kelas XI SMA. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Bahan ajar yang dikembangkan berupa LKPD dengan memuat keterampilan iterasi sains.
Produk LKPD berbasis discovery learning untuk melatih keterampilan literasi sains peserta didik kelas XI SMA yang dikembangkan, di uji kelayakannya oleh ahli materi, ahli media, ahli metodologi, ahli keterampilan literasi sains, tanggapan guru biologi, dan dilakukan uji keterbacaan dengan peserta didik. Berdasarkan hasil uji validasi, diperoleh kelayakan sebesar 97% (Sangat Layak) dari ahli materi, 87% (Sangat Layak) dari ahli media, 93% (Sangat Layak) dari ahli metodologi, 93% (Sangat Layak) dari ahli keterampilan literasi sains, 96% (Sangat Layak) oleh guru biologi, dan hasil dari uji keterbacaan peserta didik 86% (Sangat Layak). Berdasarkan hasil tersebut, produk lembar kerja peserta didik (LKPD) pada Pembelajaran Biologi Berbasis Discovery Learning untuk Melatih Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik Kelas XI SMA layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Discovery learning; Keterampilan literasi sains; LKPD; Pembelajaran biologi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Sep 2025 08:38
Last Modified: 02 Sep 2025 08:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27470

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics