Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap literasi informasi dan hasil belajar siswa SMA kelas XII

Maisyaroh, Siti Nur Aini (2023) Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap literasi informasi dan hasil belajar siswa SMA kelas XII. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086060_Siti_Nur_Aini_Maisyaroh] Text (Skripsi_1908086060_Siti_Nur_Aini_Maisyaroh)
Skripsi_1908086060_Siti_Nur_Aini_Maisyaroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran pada era globalisasi menuntut peserta didik lebih komprehensif dan fleksibel. Rancangan proses pendidikan menjadi kunci keberhasilan peserta didik dapat berkembang pada bidang keterampilan maupun kognitif. Seperti keterampilan literasi informasi, peserta didik dapat menyaring informasi, mengatur konsep belajar serta dapat bersaing dalam menyikapi problematika yang semakin kompleks dengan tepat dan efektif. Selain itu peserta didik juga dituntut untuk meningkatkan kemampuan dalam belajar yang dapat dinilai dari hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap literasi informasi dan hasil belajar peserta didik kelas XII SMA. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control-group dan pengambilan sampel secara simpel random sampling. Hasil penelitian menunjukkan model PbL memiliki pengaruh terhadap literasi informasi dan hasil belajar peserta didik kelas XII SMA yang didasarkan dari uji anacova dan uji LSD, memperoleh nilai signifikansi 0,004 pada literasi informasi dan 0,001 pada hasil belajar. Hasil kedua variabel tersebut menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 sehingga mendapatkan kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Uji LSD menunjukkan bahwa kelas eksperimen model PbL terhadap literasi informasi dan hasil belajar menduduki nilai rata-rata tertinggi dari kelas kontrol, pada hasil uji LSD literasi informasi menunjukkan nilai 44,037 dan hasil belajar menunjukkan nilai 42,035. Sehingga dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model PBL terhadap literasi informasi dan hasil belajar siswa kelas XII SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; literasi informasi; Hasil belajar; Siswa SMA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Sep 2025 01:20
Last Modified: 03 Sep 2025 01:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27473

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics