Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar pada materi pythagoras terintegrasi keislaman siswa kelas VIII A MTsN 12 Boyolali
Putri, Nuurus Syifaail Qolbi Alyssa (2024) Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar pada materi pythagoras terintegrasi keislaman siswa kelas VIII A MTsN 12 Boyolali. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1708056019_Nuurus Syifaail Qolbi Alyssa Putri_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1708056019_Nuurus Syifaail Qolbi Alyssa Putri_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang wajib dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Kemampuan komunikasi matematis membentuk siswa menjadi terampil dalam menyampaikan ide-ide matematikanya baik secara lisan maupun tulisan serta menunjang kreativitas, daya nalar, dan mempertajam kemampuan berpikir siswa. Kemampuan komunikasi matematis antar siswa tentu berbeda-beda salah satu yang mempengaruhinya adalah gaya belajar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk untuk mengalisis lebih jauh tentang bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan gaya belajarnya pada materi Phytagoras yang diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman di kelas VIII A MTsN 12 Boyolali.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sementara itu pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII A MTsN 12 Boyolali yang terletak di Kecamatan Karanggede, Boyolali. Siswa kelas VIII A yang berjumlah 19 anak ini akan diberi soal-soal teorema Pythagoras yang terintegrasi keislaman dan angket gaya belajar. Selanjutnya akan dipilih beberapa siswa untuk diwawancarai.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar visual dan auditorial masuk kategori yang sama yaitu cukup pada kemampuan komunikasi matematisnya. Siswa dengan gaya belajar auditorial cenderung lebih unggul saat menyampaikan ide matematikanya secara lisan, sementara siswa dengan gaya belajar visual lebih unggul secara tulisan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi matematis; Gaya belajar; Terintegrasi keislaman |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 02:30 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 02:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27475 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year