Efektivitas model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantu media scramble terhadap kemandirian belajar dan pemahaman konsep siswa materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP N 1 Bancak

Fitriana, Hardian Rizqi (2024) Efektivitas model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantu media scramble terhadap kemandirian belajar dan pemahaman konsep siswa materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP N 1 Bancak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708056022_Hardian Rizqi Fitriana_LENGKAP] Text (Skripsi_1708056022_Hardian Rizqi Fitriana_LENGKAP)
Skripsi_1708056022_Hardian Rizqi Fitriana_LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh kemandirian belajar dan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP N 1 Bancak masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran RME berbantu media scramble terhadap kemandirian belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP N 1 Bancak. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik sampel jenuh, sampel yang didapatkan yaitu kelas kontrol (VIII A) dan kelas eksperimen (VIII B). Hasil uji tes dan angket dianalisis dengan menggunakan uji Anova oneway untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata kemandirian belajar dengan Fhitung=80.439 dan rata-rata pemahaman konsep siswa didapat Fhitung=9.158 dengan taraf signifikan 5% diperoleh Ftabel=4.020 maka masing-masing nilai Fhitung>Ftabel Hasil uji ketuntasan minimal belajar pada kelas eksperimen dianalisis dengan uji one sample t test diperoleh Fhitung=2.31 > Ttabel=2.05 Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran RME berbantu media scramble efektif terhadap kemandirian belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP N 1 Bancak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemandirian belajar; Pemahaman konsep; Realistic Mathematics Education; Media scramble
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Sep 2025 02:40
Last Modified: 03 Sep 2025 02:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27484

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics