Efektivitas model pembelajaran STAD berbantu media quizizz terhadap minat belajar dan pemahaman konsep pada materi PLSV Kelas VII SMP N 3 Kesugihan

Fikriyyah, Hanifatul (2024) Efektivitas model pembelajaran STAD berbantu media quizizz terhadap minat belajar dan pemahaman konsep pada materi PLSV Kelas VII SMP N 3 Kesugihan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708056024_Hanifatul Fikriyyah_Full] Text (Skripsi_1708056024_Hanifatul Fikriyyah_Full)
Skripsi_1708056024_Hanifatul Fikriyyah_Full.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar dan pemahaman konsep siswa kelas VII pada pokok materi Persamaan Linear Satu Variabel di SMP Negeri 3 Kesugihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran STAD berbantu media Quizizz efektif untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep pada materi Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP Negeri 3 Kesugihan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah the randomized posttest-only control design. Variabel penelitian terdiri atas variabel bebas (model pembelajaran Student Teams Achievement Division berbantu Media Quizizz) dan variabel terikat (minat belajar dan pemahaman konsep). Populasi merupakan 8 kelas VII SMP Negeri 3 Kesugihan tahun pelajaran 2023/2024, Sedangkan sampel adalah kelas VII-G (kelas Eksperimen) dan kelas VII-H (kelas kontrol). Teknik pengambilan data menggunakan metode tes dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan diperoleh hasil bahwa rata-rata skor posttest kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen yaitu 78,3 lebih tinggi daripada skor rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 71,4. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata tahap akhir kemampuan pemahaman konsep menggunakan uji t pihak kanan diperoleh thitung 1,684 dan ttabel 1,670 pada taraf signifikansi 5%. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen lebih dari rata-rata kemampuan pemahaman konsep kelas kontrol. Kemudian untuk minat belajar diperoleh skor rata-rata angket minat belajar kelas eksperimen yaitu 80,65 lebih tinggi daripada skor rata-rata angket kelas kontrol yaitu 69,06 Berdasarkan uji perbedaan rata-rata tahap akhir minat belajar menggunakan uji t pihak kanan diperoleh thitung 5,65 dan ttabel 1,670 pada taraf signnifikansi 5%. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata minat belajar kelas eksperimen lebih dari rata-rata minat belajar kelas kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD berbantu media Quizizz efektif terhadap minat belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi Persamaan Linear Satu Variabel kelas VII SMP Negeri 3 Kesugihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat belajar; Pemahaman konsep; Student Teams Achievement Division; Quizizz
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Sep 2025 02:59
Last Modified: 03 Sep 2025 02:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27489

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics