Pengaruh model discovery learning berbantuan live worksheet terhadap higher order thinking skills dan self confidence dalam pembelajaran biologi kelas XI SMA

Hafidhoh, Nurul (2024) Pengaruh model discovery learning berbantuan live worksheet terhadap higher order thinking skills dan self confidence dalam pembelajaran biologi kelas XI SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086092_Nurul_Hafidhoh] Text (Skripsi_1908086092_Nurul_Hafidhoh)
Skripsi_1908086092_Nurul_Hafidhoh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Pendidikan pada abad 21 ini terdapat persoalan salah satunya yaitu Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik yang rendah. Selain itu juga masih terlihat rendahnya tingkat rasa percaya diri atau self confidence peserta didik sehingga peserta didik kurang aktif dalam menjalani proses pembelajaran. Model Discovery Learning dapat digunakan sebagai model pembelajaran untuk mengatasi persoalan tersebut. Model pembelajaran juga sangat berhubungan dengan cara bagaimana menyampaikan materi yang tepat kepada peserta didik. Inovasi dalam penyampaian materi yaitu menggunakan media yang sesuai dengan tuntutan era globalisasi dan era digital, salah satunya live worksheet. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model discovery learning berbantuan live worksheet terhadap HOTS dan self confidence dalam pembelajaran biologi kelas XI SMA. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel terdiri dari 36 peserta didik kelas XI C 1 dan 35 peserta didik kelas XI C 2 SMA Futuhiyyah Mranggen. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen tes, angket, lembar observasi peserta didik dan pendidik, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan uji anakova. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan live worksheet terhadap HOTS dalam pembelajaran biologi dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 artinya, Ha1 diterima, (2) terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan live worksheet terhadap self confidence dalam pembelajaran biologi dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 artinya, Ha2 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran biologi; Discovery learning; HOTS; Live worksheet; Self confidence
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Sep 2025 03:31
Last Modified: 03 Sep 2025 06:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27495

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics