Pengembangan LKPD berbasis model pembelajaran argument-driven inquiry (ADI) untuk memberdayakan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik kelas XI MIPA

Salsabila, Naila (2024) Pengembangan LKPD berbasis model pembelajaran argument-driven inquiry (ADI) untuk memberdayakan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik kelas XI MIPA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008086002_Naila_Salsabila] Text (Skripsi_2008086002_Naila_Salsabila)
Skripsi_2008086002_Naila_Salsabila.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Keterampilan yang dilatihkan pada pendidikan abad 21 salah satunya adalah keterampilan argumentasi ilmiah. Kenyataannya berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan pada sekolah menunjukkan bahwa masih tergolong sangat rendah, hal ini disebabkan karena pembelajaran dikelas masih terfokus pada guru, sehingga mayoritas peserta didik merasa kesulitan untuk mengemukakan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis model pembelajaran ADI untuk memberdayakan keterampilan argumentasi ilmiah. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-D MIPA MA Tarbiyatut Tholabah Lamongan. Hasil penelitian ini meliputi, pertama desain yang berisi konten-konten dan kegiatan model ADI untuk memberdayakan keterampilan argumentasi ilmiah, kedua, berdasarkan skor penilaian validasi aspek bahan ajar sebesar 97,2%, materi 97,85%, model pembelajaran ADI 81,25%, dan keterampilan argumentasi ilmiah 89,95%. Skor angket respon peserta didik memperoleh skor sebesar 87,84%, sedangkan angket guru sebesar 97,05%. Berdasarkan perolehan tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis model pembelajaran ADI untuk memberdayakan keterampilan argumentasi ilmiah valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif bagi guru maupun peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Argumentasi Ilmiah; LKPD; Model pembelajaran; Argument-Driven Inquiry (ADI); Siswa SMA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Sep 2025 06:32
Last Modified: 03 Sep 2025 06:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27503

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics