Pengaruh model problem based learning terhadap literasi sains dan self efficacy dalam pembelajaran biologi kelas XI

Amalia, Fatikha (2024) Pengaruh model problem based learning terhadap literasi sains dan self efficacy dalam pembelajaran biologi kelas XI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008086004_Fatikha_Amalia] Text (Skripsi_2008086004_Fatikha_Amalia)
Skripsi_2008086004_Fatikha_Amalia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Abad 21 menuntut peserta didik memiliki berbagai kompetensi untuk menghadapi tantangan globalisasi. Terdapat beberapa kompetensi yang harus dikuasai oleh setiap individu peserta didik yaitu kemampuan literasi sains dan self efficacy. Salah satu model pembelajaran yang dapat memberdayakan kompetensi tersebut adalah Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan literasi sains dan self efficacy peserta didik yang menggunakan model PBL dengan metode ceramah diskusi. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive Sampling dengan sampel peserta didik kelas XI MIA-1 sebagai kelompok eksperimen dan peserta didik kelas XI MIA-2 sebagai kelompok kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data berupa lembar wawancara, lembar observasi, soal (kemampuan literasi sains), dan angket (self efficacy). Uji hipotesis menggunakan ANACOVA. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan signifikan kemampuan literasi sains peserta didik yang menggunakan model PBL dengan model ceramah diskusi (0,00 <0.05) (2) terdapat perbedaan signifikan self efficacy peserta didik yang menggunakan model PBL dengan model ceramah diskusi (0,021 <0.05).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi sains; Problem Based Learning; Self efficacy; Pembelajaran biologi, Siswa SMA
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Sep 2025 08:50
Last Modified: 03 Sep 2025 08:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27505

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics