Efektivitas model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dengan penggunaan media quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa
Afifah, Iftikhatun (2024) Efektivitas model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dengan penggunaan media quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1708056054_Iftikhatun_Lengkap]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1708056054_Iftikhatun_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dengan penggunaan media quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa kelas VII MTs Filial Al Iman Adiwerna pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Dengan memberikan perlakuan berbeda dari 2 sampel yang terpilih, yaitu kelas eksperimen diberikan treatment model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dengan penggunaan media quizizz, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji T-test posttest kemampuan pemecahan masalah, diperoleh thitung=3.81744 dan ttabel=1.67357 dengan taraf signifikan 5% dan dk=n1+n2=54. Karena thitung > ttabelsehingga Ho ditolak dan H1diterima. Dan berdasarkan hasil uji N-gain kemampuan pemecahan masalah diperoleh nilai g=0.31052, karena nilai uji N-gain > 0.3 maka termasuk efektif sedang. Maka kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sehingga model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dengan penggunaan media quizizz efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII Mts Filial Al Iman Adiwerna pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai.
Kemudian berdasarkan hasil angket minat belajar siswa diperoleh thitung= 3.61520 dan ttabel=1.67357 dengan taraf signifikan 5% dan dk=n1+n2=54. Dihasilkan thitung > ttabel sehingga Ho ditolak. Maka minat belajar pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sehingga model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dengan penggunaan media quizizz efektif terhadap minat belajar siswa kelas VII Mts Filial Al Iman Adiwerna pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Realistic Mathematic Education (RME); Media quizizz; Minat belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 02:05 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 02:12 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27511 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year