Analisis kemampuan berpikir visual siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Islamiyah Jakenan pada materi kubus dan balok ditinjau dari self confidence

Prasanti, Dwi Yoga (2024) Analisis kemampuan berpikir visual siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Islamiyah Jakenan pada materi kubus dan balok ditinjau dari self confidence. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708056059_Dwi Yoga Prasanti_Full] Text (Skripsi_1708056059_Dwi Yoga Prasanti_Full)
Skripsi_1708056059_Dwi Yoga Prasanti_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir visual siswa serta pengaruh self confidence pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir visual siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok ditinjau dari self confidence.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui angket, tes serta wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 26 siswa. Data kemampuan berpikir visual dan self confidence diperoleh dari 26 siswa yang kemudian diambil 6 siswa untuk diwawancara yang mewakili setiap kategori self confidence.
Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa kemampuan berpikir visual siswa dengan self confidence tinggi telah memenuhi seluruh indikator kemampuan berpikir visual yaitu Melihat (mengidentifikasi masalah), Mengenali (memahami masalah), Membayangkan (merencanakan langkah untuk menemukan solusi), Memperlihatkan (melaksanakan langkah untuk menemukan solusi) dan Menceritakan (mengkomunikasikan solusi). Sedangkan untuk siswa dengan self confidence sedang dan rendah memenuhi ketercapaian kemampuan berpikir visual pada indikator melihat (mengidentifikasi masalah) serta mengenali (memahami masalah). Pada indikator membayangkan (merencanakan langkah untuk menemukan solusi), memperlihatkan (melaksanakan langkah untuk menemukan solusi) dan menceritakan (mengkomunikasikan) kurang memenuhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir visual; Self confidence; Kubus; Balok
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Sep 2025 02:41
Last Modified: 04 Sep 2025 02:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27515

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics