Analisis kemampuan spasial matematis siswa ditinjau dari adversity quotient dalam menyelesaikan soal materi koordinat kartesius kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 3 Kalinyamatan
Jamilah, Afifatul (2024) Analisis kemampuan spasial matematis siswa ditinjau dari adversity quotient dalam menyelesaikan soal materi koordinat kartesius kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 3 Kalinyamatan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1708056075_Afifatul Jamilah_ Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1708056075_Afifatul Jamilah_ Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan spasial matematis siswa. Kemampuan spasial matematis adalah kemampuan siswa dalam memvisualisasi serta menemukan informasi dari stimulus gambar matematis yang ada dalam pikiran. Adversity quotient menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan spasial matematis siswa. Kenyataannya kemampuan spasial matematis siswa kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 3 Kalinyamatan masih kurang. Saat guru memberikan permasalahan kontekstual, siswa melakukan kesalahan dalam memvisualisasikan serta tidak dapat menentukan posisi titik-titik koordinat ke dalam bidang kartesius. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan spasial matematis siswa ditinjau dari adversity quotient siswa kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 3 Kalinyamatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yang bertempat di SMP Islam Sultan Agung 3 Kalinyamatan. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas VIII A, kemudian dipilih dua siswa dari kategori adversity quotient untuk dijadikan subjek wawancara. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes, angket, dan wawancara. Hasil angket digunakan untuk mengelompokkan adversity quotient siswa. Hasil tes dan wawancara kemampuan spasial matematis kemudian dianalisis berdasarkan adversity quotient siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adversity quotient siswa pada kelas VIII A SMP Islam Sultan Agung 3 Kalinyamatan terbagi menjadi 3 kategori, yaitu: tinggi, sedang, dan rendah. Kemampuan spasial matematis siswa dengan tingkat adversity quotient tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan spasial. Kemampuan spasial matematis siswa dengan tingkat adversity quotient sedang mampu memenuhi indikator 1, 2, 3, dan 4 kemampuan spasial. Kemampuan spasial matematis siswa dengan tingkat adversity quotient rendah tidak mampu memenuhi semua indikator kemampuan spasial menurut Maier.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Spasial matematis; Adversity quotient |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 03:26 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 03:26 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27522 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year