Efektivitas penggunaan media youtube dengan pendekatan heutagogi terhadap minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah untuk materi matematika keuangan kelas XI SMK Negeri 4 Kendal
Humamah, Fitria Fatin (2024) Efektivitas penggunaan media youtube dengan pendekatan heutagogi terhadap minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah untuk materi matematika keuangan kelas XI SMK Negeri 4 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1708056095 _Fitria Fatin Humamah_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1708056095 _Fitria Fatin Humamah_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permaslahan minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi matematika keuangan dikelas XI SMKN 4 Kendal yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan penggunaan media youtube dengan pendekatan heutagogi terhadap minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah untuk materi matematika keuangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode ekperimen. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data berupa tes tertulis, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas yang tidak menggunakan media youtube dengan pendekatan heutagogi adalah 56,19 sedangakan rata-rata kelas yang menggunakan media youtube dengan pendekatan heutagogi adalah 76,96. Kemudian melakukan uji perbedaan rata-rata dengan uji independent sample t-test diperoleh thitung = 4,438 dan ttabel = 1,669. Karena thitung > ttabel sehingga terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil kemampuan pemecahan maslah antara kelas yang tidak menggunakan media youtube dengan pendekatan heutagogi dan kelas yang menggunakan media youtube dengan pendekatan heutagogi. Kemudian hasil penelitan skor angket yang diperoleh siswa sebelum perlakuan menggunakan media youtube dengan pendekatan heutagogi adalah 49,24 sedangkan rata-rata setelah perlakuan yang menggunakan media youtube dengan pendekatan heutagogi adalah 64,92. Kemudain dilakukan uji perbedaan rata-rata minat belajar diperoleh thitung = 13,741 dan ttabel = 1,693. Karena thitung > ttabel. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil minat belajar antara kelas sebelum perlakuan dan setelah perlakuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemecahan masalah; Minat belajar; Media youtube; Pendekatan heutagogi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 04:13 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 04:13 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27524 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year