Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy dalam pembelajaran biologi kelas X
Rohmah, Fatikhatun Faizatur (2024) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy dalam pembelajaran biologi kelas X. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2008086010_Fatikhatun_Faizatur_Rohmah]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2008086010_Fatikhatun_Faizatur_Rohmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Peserta didik harus memiliki keterampilan abad ke-21 untuk menghadapi tantangan dan persaingan yang muncul dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, proses pembelajaran harus dapat mengembangkan keterampilan 4C yang diantaranya adalah keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy. Salah satu model pembelajaran yang dinilai relevan dan dianggap efektif dalam permasalahan ini adalah model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran PBL terhadap keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen menggunakan nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel siswa kelas X.4 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas X.9 sebagai kelompok kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, observasi, soal (keterampilan berpikir kritis), dan angket (self-efficacy). Uji hipotesis menggunakan ANACOVA. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran PBL terhadap keterampilan berpikir kritis siswa (0,000 <0,05), (2) terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran PBL terhadap self-efficacy siswa (0,003 <0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berpikir kritis; Kuasi eksperimen; Perubahan lingkungan; Problem based learning; Self-efficacy; Siswa SMA; Pembelajaran biologi; Model pembelajaran |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 06:53 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 06:53 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27538 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year