Pengaruh model problem based learning-flipped classroom terhadap keterampilan literasi sains dan self-confidence siswa dalam pembelajaran biologi

Fadhilah, Najwa Syafaatul (2024) Pengaruh model problem based learning-flipped classroom terhadap keterampilan literasi sains dan self-confidence siswa dalam pembelajaran biologi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008086012_Najwa_Syafaatul_Fadhilah] Text (Skripsi_2008086012_Najwa_Syafaatul_Fadhilah)
Skripsi_2008086012_Najwa_Syafaatul_Fadhilah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) abad 21 menuntut siswa untuk memiliki berbagai keterampilan salah satunya keterampilan literasi sains, selain itu self-confidence memiliki peran penting dalam menunjang proses pembelajaran yang aktif untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki siswa dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model problem based learning-flipped classroom terhadap keterampilan literasi sains dan self-confidence siswa dalam pembelajaran Biologi. Jenis penelitian yang diterapkan yaitu kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent pretest posttest control group design. Sampel yang digunakan berjumlah 70 orang siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel siswa kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI MIPA 8 sebagai kelas eksperimen. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji Anacova. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan keterampilan literasi sains dan self-confidence siswa pada penerapan model problem based learning-flipped classroom dilihat dari nilai signifikansi yaitu sebesar 0.000. Nilai signifikansi 0.000 < 0.05 dengan demikian Ha diterima, sehingga model problem based learning-flipped classroom berpengaruh terhadap keterampilan literasi sains dan self-confidence siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan literasi sains; Problem based learning; Flipped classroom; Self-confidence; Pembelajaran biologi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Sep 2025 07:00
Last Modified: 04 Sep 2025 07:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27539

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics