Pengembangan media “Coordination System-App” terintegrasi keterampilan argumentasi ilmiah untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Batang

Gebiyanti, Renita (2024) Pengembangan media “Coordination System-App” terintegrasi keterampilan argumentasi ilmiah untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008086021_Renita_Gebiyanti] Text (Skripsi_2008086021_Renita_Gebiyanti)
Skripsi_2008086021_Renita_Gebiyanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Keterampilan argumentasi ilmiah merupakan bagian dari keterampilan komunikasi yang yang dibutuhkan dalam kehidupan abad ke-21. Salah satu upaya untuk melatih keterampilan argumentasi ilmiah siswa dapat dilakukan dengan memberikan media pembelajaran yang terintegrasi elemen indikator keterampilan argumentasi ilmiah. Media Pembelajaran memiliki peran dan fungsi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain dan kelayakan produk Coordination System-App yang terintegrasi keterampilan argumentasi ilmiah siswa. Aplikasi ini dapat dijadikan alternatif media pembelajaran bagi siswa dan guru yang telah terintagerasi keterampilana argumentasi ilmiah secara relevan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan tes soal argumentasi ilmiah. Hasil validasi media Coordination System-App oleh validator ahli materi 78% (valid), ahli media 80% (valid), ahli argumentasi ilmiah 98% (sangat valid). Produk di nilai oleh guru dengan persentase 95 % (sangat praktis) uji kelayakan oleh siswa kelas XI AB2 dengan hasil rata-rata 89% (sangat praktis) yang artinya media Coordination System-App dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang valid dan praktis bagi siswa dan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aplikasi; Media pembelajaran; Keterampilan argumentasi ilmiah; Siswa SMA
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 08 Sep 2025 00:45
Last Modified: 08 Sep 2025 00:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27555

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics