Pengembangan petunjuk praktikum biologi dengan model guided inquiry untuk memberdayakan keterampilan proses sains siswa

Rahayu, Setianing (2024) Pengembangan petunjuk praktikum biologi dengan model guided inquiry untuk memberdayakan keterampilan proses sains siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008086022_Setianing_Rahayu] Text (Skripsi_2008086022_Setianing_Rahayu)
Skripsi_2008086022_Setianing_Rahayu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Keterampilan proses sains (KPS) yaitu kemampuan yang dibutuhkan pendidikan sains pada abad 21 dalam menerapkan metode ilmiah untuk menemukan, mengembangkan serta memahami ilmu pengetahuan sains. Model inkuiri sebagai salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mendukung keterampilan proses sains dalam kegiatan melibatkan praktikum dan eksperimen. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk menguji kelayakan serta mengetahui respon dari peserta didik dari adanya petunjuk praktikum yang dikembangkan sehingga diharapkan produk yang dikembangkan dapat mengakomodasi dalam pemahaman konsep biologi dan keterampilan proses sains. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian pengembangan (R&D) menggunakan tahapan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Data yang diperoleh berdasarkan angket, observasi dan wawancara. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMAN 12 Semarang dengan subjek penelitian 21 siswa kelas XI SMAN 12 Semarang menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh dari nilai persentase uji kelayakan oleh ahli media sebesar 92,30% (sangat layak), ahli metodologi sebesar 77,37% (layak), ahli materi sebesar 89,24% (sangat layak), guru biologi sebesar 86,47% (sangat layak), dan respon uji coba skala kecil sebesar 94,66% (sangat tertarik). Petunjuk praktikum yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran Biologi sebagai pendukung bahan ajar bagi siswa dan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guided inquiry; Keterampilan proses sains; Pendidikan sains; Petunjuk praktikum biologi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 08 Sep 2025 00:53
Last Modified: 08 Sep 2025 00:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27556

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics