Pengaruh model pembelajaran argument driven inquiry (ADI) terhadap kemampuan argumentasi ilmiah dan literasi sains siswa kelas X MA Mamba’ul Ulum Tunjungmuli

Nada, Elma Qothrun (2024) Pengaruh model pembelajaran argument driven inquiry (ADI) terhadap kemampuan argumentasi ilmiah dan literasi sains siswa kelas X MA Mamba’ul Ulum Tunjungmuli. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008086023_Elma_Qothrun_Nada] Text (Skripsi_2008086023_Elma_Qothrun_Nada)
Skripsi_2008086023_Elma_Qothrun_Nada_compressed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Perubahan pesat dalam sektor kehidupan di abad ke-21 menuntut peningkatan kualitas sistem pendidikan, khususnya dalam menghadapi tuntutan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan argumentasi ilmiah dan literasi sains menjadi kunci dalam mempersiapkan peserta didik menghadapi era ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap kemampuan argumentasi ilmiah dan literasi sains pada siswa kelas X MA Mamba’ul Ulum Tunjungmuli. Melalui desain penelitian kuantitatif, hasil menunjukkan bahwa penerapan model ADI secara signifikan meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik, tetapi tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap literasi sains. Meskipun demikian, kedua model pembelajaran tersebut dianggap efektif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik. Kesimpulannya, penggunaan model ADI berpengaruh terhadap kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik, sementara untuk literasi sains, model ADI tidak tidak berpengaruh secara signifikan. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya implementasi model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pemikiran ilmiah dan literasi sains.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Argumentasi ilmiah; Literasi sains; Model pembelajaran; Argument Driven Inquiry (ADI); Pendidikan abad ke-21
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 08 Sep 2025 01:05
Last Modified: 08 Sep 2025 01:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27557

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics