Hubungan regulasi diri dalam belajar dan komunikasi interpersonal dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA pada mata pelajaran biologi
Dianilia, Dianilia (2024) Hubungan regulasi diri dalam belajar dan komunikasi interpersonal dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA pada mata pelajaran biologi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2008086029_Dianilia]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2008086029_Dianilia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Pembelajaran yang sesuai dengan abad ke-21 menjadi perihal yang harus diperhatikan oleh karena itu harus ada kemampuan yang dikuasai siswa, seperti regulasi diri dalam belajar, komunikasi interpersonal, dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan regulasi diri dalam belajar dan komunikasi interpersonal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada mata pelajaran biologi di SMA PGRI 1 Taman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Populasi adalah siswa kelas XI MIPA SMA PGRI 1 Taman. Jumlah sampel penelitian ini adalah 60 siswa yang terdiri dari kelas XI P2 dan XI P3. Teknik dan instrumen pengambilan data menggunakan angket dan tes. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan korelasi Product Moment, dan untuk hipotesis ketiga menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian meliputi: Pertama, ada hubungan positif dan signifikan antara regulasi diri dalam belajar dengan kemampuan berpikir kritis dengan signifikansi 0,008 < 0,05 nilai korelasi sebesar 0,340 termasuk korelasi rendah. Kedua, ada hubungan positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal dengan kemampuan berpikir kritis dengan nilai signifikansi 0,025 < 0,05, nilai korelasi sebesar 0,289 termasuk korelasi rendah. Ketiga, ada hubungan positif dan signifikan antara regulasi diri dalam belajar dan komunikasi interpersonal dengan kemampuan berpikir kritis dengan dengan nilai signifikansi 0,022 < 0,05 nilai korelasi sebesar 0,354 termasuk korelasi rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis; Komunikasi interpersonal; Regulasi diri; Belajar; Mata pelajaran biologi |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 01:35 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 01:35 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27563 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year