Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantu card sort terhadap keterampilan komunikasi dan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran biologi kelas X
Aghniya, Adis Nufus (2024) Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantu card sort terhadap keterampilan komunikasi dan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran biologi kelas X. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2008086036_Adis_Nufus_Aghniya]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2008086036_Adis_Nufus_Aghniya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan belum adanya model pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran biologi sehingga mengakibatkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu card sort terhadap keterampilan komunikasi, serta keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran biologi. Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain pretest-posttest non equivalent control group. Dua kelompok kelas X di SMA Negeri 1 Jatibarang akan dipilih sebagai sampel penelitian, yaitu kelompok eksperimen yang akan menerima pembelajaran menggunakan model PBL berbantu card sort, dan kelompok kontrol yang akan menerima pembelajaran dengan metode konvensional. Hasil penelitian ini meliputi: 1. Terdapat pengaruh pada keterampilan komunikasi dilihat dari hasil angket siswa yang paling menonjol terletak pada indikator empathy mendapatkan hasil 51,97% dan respect mendapatkan hasil 50,57% dan paling jarang dilakukan terletak pada indikator audible mendapatkan hasil 20,69% dan clarity mendapatkan hasil 13,36%. 2. Terdapat pengaruh pada keterampilan berpikir kreatif siswa dilihat dari uji Paired Sample T-Test dengan hasil signifikansi 0,00<0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, lalu didukung oleh uji ancova dengan hasil signifikansi 0,079>0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Problem Based Learning; Card Sort; Keterampilan komunikasi; Keterampilan berpikir kreatif; Pembelajaran biologi; Siswa SMA |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 01:37 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 01:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27568 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year