Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E berbantu kegiatan praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis dan literasi sains siswa dalam pembelajaran biologi

Auliyah, Difa' Dhiyaul (2024) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E berbantu kegiatan praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis dan literasi sains siswa dalam pembelajaran biologi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008086046_Difa'_Dhiyaul_Auliyah] Text (Skripsi_2008086046_Difa'_Dhiyaul_Auliyah)
Skripsi_2008086046_Difa'_Dhiyaul_Auliyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan pada era society 5.0 menuntut siswa untuk memiliki beberapa keterampilan diantaranya berpikir kritis dan literasi sains. Salah satu model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan tersebut adalah model pembelajaran Learning Cycle 5E. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantu kegiatan praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis dan literasi sains siswa pada mata pelajaran Biologi. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel kelas X-2 sebagai kelas kontrol dan X-3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal uraian pretest-posttest keterampilan berpikir kritis dan literasi sains. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji Quade’s Rank Analysis of Covariance. Hasil Penelitian meliputi: pertama, terdapat pengaruh penerapan model learning cycle 5E terhadap keterampilan berpikir kritis siswa terbukti dari adanya perbedaan nilai rata-rata serta hasil uji siginifikansi 0,016 < 0,05. Kedua, terdapat pengaruh penerapan model learning cycle 5E terhadap literasi sains siswa terbukti dari hasil uji siginifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis; Literasi sains; Model pembelajaran; Learning Cycle 5E; Pembelajaran biologi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:03
Last Modified: 09 Sep 2025 02:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27572

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics