Pengembangan e-module biologi berbasis REACT (relating, experiencing, applying, cooperating, and transferring) untuk melatih kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik kelas XI

Kadri, Lili (2024) Pengembangan e-module biologi berbasis REACT (relating, experiencing, applying, cooperating, and transferring) untuk melatih kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik kelas XI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008086049_Lili_Kadri] Text (Skripsi_2008086049_Lili_Kadri)
Skripsi_2008086049_Lili_Kadri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Salah satu keterampilan abad ke-21 yang harus dimiliki ialah kemampuan pemecahan masalah. Realitanya, masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam menyelesaikan suatu permasahan, atau menghubungkan konsep materi dengan fenomena permasahan kehidupan. Kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran biologi dapat dilatih dengan menerapkan karakteristik strategi pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, And Transferring). Pembelajaran biologi dengan menerapkan strategi REACT membutuhkan suatu bahan ajar, salah satunya ialah modul. Hasil pengisian angket menunjukkan sebanyak 83,8% peserta didik menyukai dan tertarik dengan bahan belajar yang dapat diakses menggunakan gadget, sehingga dapat dikembangkan electronic module. Pengembangan e-module ini menerapkan model 4D Thiagarajan (1974) yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Hasil penilaian validasi ahli materi memperoleh total nilai 89,6%, ahli metodologi dengan nilai 90%, ahli media dengan nilai 95,5%, guru Biologi sebagai praktisi dengan nilai 97%, dan uji coba peserta didik dengan nilai 93,6%. Perolehan nilai dan tanggapan hasil uji validasi oleh para ahli dan guru biologi, serta uji coba skala besar pada peserta didik dapat disimpulkan bahwa e-module Biologi berbasis REACT untuk melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-module; Pembelajaran biologi; Kemampuan pemecahan masalah; REACT; Siswa kelas XI
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:56
Last Modified: 09 Sep 2025 02:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27574

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics