Pengembangan modul biologi dengan pendekatan stem terintegrasi socio- scientific issue untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik

Safitri, Jamallaili (2024) Pengembangan modul biologi dengan pendekatan stem terintegrasi socio- scientific issue untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008086051_Jamallaili_Safitri] Text (Skripsi_2008086051_Jamallaili_Safitri)
Skripsi_2008086051_Jamallaili_Safitri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Abad 21 menuntut peserta didik memiliki berbagai kompetensi untuk menghadapi tantangan globalisasi. Selain itu, pada pembelajaran abad 21 diperlukan keterampilan salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis. Hasil asesmen awal menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik masih perlu dilatih pada indikator membuat kesimpulan, memberikan penjelasan lanjut, memberikan penjelasan sederhana dan membangun keterampilan dasar. Metode pembelajaran yang sesuai akan mempengaruhi kemampuan berpikir dalam proses pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai untuk melatih kemampuan berpikir kritis yaitu pendekatan STEM terintegrasi Socio-scientific Issues, metode ini dapat dikemas menjadi modul pembelajaran. Jenis penelitian ini yaitu research and development, penelitian ini dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berdasarkan wawancara, observasi, survei, dan tes. Penelitian dilakukan di MA Fathul Hidayah Maduran Lamongan. Sampel pada penelitian ini yaitu 48 siswa kelas X MIPA dan teknik sampling yang dipakai yaitu purposive sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul yang kembangkan. Berdasarkan hasil penelitian modul sangat layak digunakan sebagai bahan ajar. Hal ini dapat diketahui dari nilai hasil uji kelayakan oleh ahli materi sebesar 93,75%, ahli keterampilan berpikir kritis sebesar 100%, ahli STEM terintegrasi SSI sebesar 92,9%, ahli bahan ajar sebesar 95%, tanggapan guru biologi sebesar 95,4%, dan hasil respon siswa terhadap modul sebesar 94,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul biologi; STEM; Socio-scientific issues; Berpikir kritis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Sep 2025 03:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27576

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics