Pengembangan game edukasi berbasis aplikasi Android untuk melatih literasi digital dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa kelas X SMA pada materi virus dan peranannya

Putri, Nada Oktavia (2024) Pengembangan game edukasi berbasis aplikasi Android untuk melatih literasi digital dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa kelas X SMA pada materi virus dan peranannya. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008086052_Nada_Oktavia_Putri] Text (Skripsi_2008086052_Nada_Oktavia_Putri)
Skripsi_2008086052_Nada_Oktavia_Putri_2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Keterampilan abad 21 melalui pendidikan holistik menjadi suatu hal penting yang tidak dapat diabaikan, terutama seiring dengan perkembangan era digital yang mengubah paradigma pembelajaran di mana kebutuhan akan keterampilan seperti literasi digital, pemecahan masalah, kreativitas, dan kolaborasi semakin mendesak serta tidak hanya mengandalkan pengetahuan tetapi keterampilan ikut berperan dalam pembelajaran abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menganalisis kelayakan, dan keterbacaan dari produk game edukasi berbasis aplikasi android untuk melatih literasi digital dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa kelas X SMA pada materi virus dan peranannya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D yang mencakup tahapan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan dibatasi pada Develop (Pengembangan). Kesimpulan; Pertama, produk yang dikembangkan berupa game edukasi berbasis aplikasi android. Kedua, berdasarkan hasil uji validasi, diperoleh nilai kelayakan sebesar 77,03% dari ahli media, 89,5% dari ahli materi, 82,5% dari ahli literasi digital, 86,66% dari ahli argumentasi ilmiah, dan 87,93% dari respon guru Biologi. Ketiga, keterbacaan dari respon siswa dengan uji skala kecil sebesar 83,46%. Berdasarkan perolehan hasil uji dapat disimpulkan bahwa, media game edukasi berbasis aplikasi android untuk melatih literasi digital dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa kelas X SMA pada materi virus dan peranannya dikategorikan sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Android; Argumentasi ilmiah; Game edukasi; Literasi digital; Virus; Siswa kelas X
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 579 Natural history of microorganisms, fungi, algae
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Sep 2025 01:12
Last Modified: 10 Sep 2025 01:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27577

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics