Pengembangan modul terintegrasi socio scientific issue (SSI) untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA/MA

Syabina, Putri Nur (2024) Pengembangan modul terintegrasi socio scientific issue (SSI) untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA/MA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008086053_Putri_Nur_Syabina] Text (Skripsi_2008086053_Putri_Nur_Syabina)
Skripsi_2008086053_Putri_Nur_Syabina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu dari empat keterampilan abad ke-21 (critical thinking skills, creative thinking skills, collaboration skills, dan communication skills) yang diterbitkan oleh Partnership For 21st Century Skills (P21). Keterampilan berpikir kritis dibutuhkan agar peserta didik diharapkan mampu memecahkan masalah kompleks dan menarik kesimpulan. Keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran biologi dapat dilatihkan dengan menerapkan Socio Scientific Issue (SSI). Penerapan Socio Scientific Issue (SSI) dalam pembelajaran biologi salah satunya dengan mengintegrasikan pada sumber belajar cetak, yaitu modul. Modul dikembangkan dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Hasil penelitian ini meliputi: pertama, desain pengembangan modul dibuat dengan bantuan software microsoft word, aplikasi canva pro, aplikasi adobe illustrator, dan website penambah Hd gambar. Modul ini memuat komponen-komponen modul yang diintegrasikan dengan sintaks SSI dan aspek berpikir kritis pada soal uji kompetensi, serta terdiri dari 2 materi, yaitu sistem pencernaan dan sistem pernapasan. Modul yang dikembangkan memasuki tahap validasi oleh para ahli dan guru biologi sebagai praktisi. Kedua, hasil penilaian validasi ahli bahan ajar sebesar 95,19% (sangat layak), ahli materi sebesar 81,75% (sangat layak), ahli metodologi sebesar 90,62% (sangat layak), guru biologi sebagai praktisi sebesar 97,50% (sangat layak), uji respon peserta didik sebesar 90,49% (sangat layak) dan terdapat 30 butir soal valid oleh ahli berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis; Modul pembelajaran; Socio Scientific Issue (SSI); Siswa kelas XI
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Sep 2025 01:41
Last Modified: 10 Sep 2025 01:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27578

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics