Analisis keterampilan proses sains siswa melalui pembelajaran berbasis proyek pada materi biologi kelas X Kurikulum Merdeka

Ristanti, Risa (2024) Analisis keterampilan proses sains siswa melalui pembelajaran berbasis proyek pada materi biologi kelas X Kurikulum Merdeka. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008086060_Risa_Ristanti] Text (Skripsi_2008086060_Risa_Ristanti)
Skripsi_2008086060_Risa_Ristanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran Biologi menekankan keterlibatan siswa secara langsung melalui pengalaman belajar. Kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran biologi dapat mengakibatkan kurang terlatihnya keterampilan. Keterampilan yang dapat digunakan untuk menemukan konsep, fakta atau prinsip diperlukan suatu keterampilan proses. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek materi biologi dan menganalisis perbandingan keterampilan proses sains siswa melalui pembelajaran berbasis proyek di SMA yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu di SMA Negeri 1 Pegandon, SMA Negeri 1 Kendal, dan SMA Negeri 11 Semarang yang menerapkan model pembelajaran berbasis proyek di salah satu kelas X pada masing-masing sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dari ketiga sekolah yang memiliki nilai keterampilan proses sains dengan kategori baik dengan rata-rata 76%. SMA Negeri 11 Semarang memiliki nilai rata-rata Sebesar 80% dengan kategori baik, SMA Negeri 1 Pegandon memiliki nilai rata-rata 75% dengan kategori baik, SMA Negeri 1 Kendal memiliki nilai rata-rata 73% dengan kategori baik. Hasil uji ANOVA ketiga sekolah tersebut memiliki perbedaan, maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya memiliki perbedaan keterampilan proses sains antar sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Proses sains; Kurikulum merdeka; Pembelajaran berbasis proyek; Biologi; Siswa kelas X
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Sep 2025 01:47
Last Modified: 10 Sep 2025 01:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27579

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics