Analisis implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran biologi di madrasah aliyah Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati
Hikami, Alma Fajriyya (2024) Analisis implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran biologi di madrasah aliyah Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2008086067_Alma_Fajriyya_Hikami]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2008086067_Alma_Fajriyya_Hikami.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurikulum yang menjadi posisi sentral dalam pendidikan. Kurikulum yang saat ini diterapkan pemerintah tahun ajaran 2023/2024 adalah kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka sudah mulai diterapkan tahun ajaran 2021/2022 di hampir 2.500 sekolah. Kurikulum merdeka memandang bahwa sistem pembelajaran berpusat pada peserta didik dan memiliki beragam konten, sehingga banyak waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Namun, berdasarkan hasil prariset di tiga MA Kecamatan Wedarijaksa, guru dan peserta didik masih bingung dalam penerapan kurikulum merdeka karena baru mulai pertama kali mengimplementasikan kurikulum merdeka di tahun ajaran 2023/2024. Kondisi tiga madrasah tersebut menjadi menarik untuk dikaji lebih dalam terkait implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Lokasi penelitian yang digunakan yaitu MA di kecamatan Wedarijaksa. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala kurikulum, guru biologi, dan peserta didik kelas X di masing-masing MA Kecamatan Wedarijaksa. Hasil penelitian implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran biologi di MA Kecamatan Wedarijaksa yang pertama, tahap perencanaan guru perlu meningkatkan lagi dalam pembuatan modul ajar dan perencanaan asesmen sehingga sesuai dengan panduan yang disediakan oleh pemerintah. Kedua, tahap pelaksanaan dan asesmen. Guru masih perlu beradaptasi dengan pelaksanaan pembelajaran agar tidak terjebak dengan gaya belajar yang lama. Kemudian media pembelajaran harus disesuaikan dengan sarana dan prasarana madrasah. Terkait pelaksanaan P5 belum dilakukan secara maksimal dan asemen yang digunakan ada 2 yaitu asesmen formatif dan sumatif. Ketiga, tahap evaluasi. Evaluasi pertama dilakukan oleh guru yang berupa asesmen formatif dan sumatif. Sedangkan evaluasi kedua dilakukan oleh madrasah dengan cara rapat dewan guru, sosialisasi program madrasah dan pertemuan wali murid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum merdeka; Biologi; Madrasah Aliyah |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 02:53 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 02:53 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27581 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year