Pengembangan modul pembelajaran berbasis search, solve, create, and share (SSCS) pada materi keanekaragaman hayati dan virus untuk melatih higher order thinking skills (HOTS) siswa kelas X SMA

Adibah, Almas Maulatin Nurisya (2024) Pengembangan modul pembelajaran berbasis search, solve, create, and share (SSCS) pada materi keanekaragaman hayati dan virus untuk melatih higher order thinking skills (HOTS) siswa kelas X SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008086068_Almas_Maulatin_Nurisya_Adibah] Text (Skripsi_2008086068_Almas_Maulatin_Nurisya_Adibah)
Skripsi_2008086068_Almas_Maulatin_Nurisya_Adibah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran sering kali tidak mencapai tingkat optimal yang diharapkan. Salah satu penyebab utama dari permasalahan tersebut adalah kurangnya variasi dalam sumber belajar yang digunakan oleh pendidik dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis model SSCS pada materi Keanekaragaman hayati dan Virus untuk melatih HOTS, mendeskripsikan validitas kelayakan penggunaan modul pembelajaran serta mendeskripsikan respon siswa setelah menggunakan modul pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian berupa Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek penelitian ini berjumlah 36 siswa pada kelas X-B di SMA Negeri 2 Rembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penelitian menghasilkan produk berupa modul pembelajaran berbasis model SSCS pada materi keanekaragaman hayati dan virus untuk melatih HOTS siswa kelas X SMA; 2) penilaian kualitas modul pembelajaran dilakukan oleh para ahli (materi, media, metodologi) dan praktisi lapangan yang berturut-turut memiliki persentase sebesar 80,25%, 80,60%, 89,33%, dan 88,33% serta penilaian oleh ahli soal HOTS dinyatakan telah memenuhi kriteria HOTS dan sesuai dengan tujuan pembelajaran; 3) penilaian berdasarkan tanggapan peserta didik sebesar 85,89% dalam kategori sangat layak. Berdasarkan interpretasi kriteria kelayakan, maka modul pembelajaran yang dikembangkan sangat layak untuk dijadikan sumber belajar biologi kelas X SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Higher Order Thinking Skills (HOTS); Keanekaragaman hayati; Modul pembelajaran; Search Solve Create and Share (SSCS); Virus; Siswa kelas X
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 579 Natural history of microorganisms, fungi, algae
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Sep 2025 03:02
Last Modified: 10 Sep 2025 03:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27582

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics