Pengembangan modul pembelajaran biologi dengan model discovery based unity of sciences (DBUS) untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X

Yuliani, Apreza Eka (2024) Pengembangan modul pembelajaran biologi dengan model discovery based unity of sciences (DBUS) untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008086069_Apreza_Eka_Yuliani] Text (Skripsi_2008086069_Apreza_Eka_Yuliani)
Skripsi_2008086069_Apreza_Eka_Yuliani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik. Model pembelajaran Discovery Based Unity of Sciences (DBUS) dapat melatih keterampilan berpikir kritis dan diterapkan pada sumber belajar berupa modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran biologi dengan model Discovery Based Unity of Scinces untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X dan menganalisis kelayakan modul pembelajaran dengan model DBUS. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini yaitu 29 peserta didik kelas X 2 SMA Pondok Modern Selamat Kendal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, survei, tes dan analisis bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan validasi ahli bahan ajar sebesar 92,30% dengan kategori sangat layak, validasi ahli Integrasi nilai Islam sebesar 94,60% dengan kategori sangat layak dan validasi ahli materi sebesar 97,50% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian guru biologi sebesar 90,62% dengan kategori sangat layak dan uji skala kecil peserta didik sebesar 87,95% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran biologi dengan model Discovery Based Unity of Sciences (DBUS) untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X memenuhi kriteria sangat layak digunakan oleh peserta didik sebagai sumber belajar alternatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Pembelajaran biologi; Discovery Based Unity of Sciences (DBUS); Berpikir kritis; Siswa kelas X
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Sep 2025 03:32
Last Modified: 10 Sep 2025 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27583

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics