Pengaruh model pembelajaran jigsaw berbantu media mind mapping terhadap keterampilan kolaborasi dan retensi siswa

Nafilah, Daffa Ulwan (2024) Pengaruh model pembelajaran jigsaw berbantu media mind mapping terhadap keterampilan kolaborasi dan retensi siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008086072_Daffa_Ulwan_Nafilah] Text (Skripsi_2008086072_Daffa_Ulwan_Nafilah)
Skripsi_2008086072_Daffa_Ulwan_Nafilah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini didasarkan pada hasil lapangan yang menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi dan retensi siswa yang belum optimal. Melalui kajian pustaka model Jigsaw mampu memberikan pengaruh positif bagi keterampilan kolaborasi dan retensi siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh model Jigsaw berbantu media mind mapping terhadap keterampilan kolaborasi dan retensi siswa. Jenis metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent group design. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan uji Anacova. Hasil penelitian ini meliputi: pertama, yaitu penerapan model Jigsaw berbantu media mind mapping ini memiliki pengaruh pada keterampilan kolaborasi siswa, dengan nilai signifikansi yakni 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Peningkatan kelas eksperimen terhadap keterampilan kolaborasi pada uji N-gain yaitu 0,72 termasuk kategori peningkatan tinggi. Kedua, Penerapan model jigsaw berbantu media mind mapping menunjukkan adanya pengaruh pada retensi siswa. Nilai signifikansi pada uji Anacova sebesar 0,000>0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Peningkatan kelas eksperimen terhadap retensi siswa pada uji N-gain yaitu 0,71 yang termasuk kategori peningkatan tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Jigsaw; Mind mapping; Keterampilan kolaborasi; Retensi; Sistem ekskresi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 612 Human physiology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Sep 2025 04:14
Last Modified: 10 Sep 2025 04:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27585

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics