Pengembangan petunjuk praktikum biologi berbasis model predict, observe, explain (POE) terintegrasi keterampilan kerja ilmiah siswa kelas XI IPA semester gasal
Salma, Vina Vitria (2024) Pengembangan petunjuk praktikum biologi berbasis model predict, observe, explain (POE) terintegrasi keterampilan kerja ilmiah siswa kelas XI IPA semester gasal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2008086094_Vina_Vitria_Salma]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2008086094_Vina_Vitria_Salma.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Keterampilan kerja ilmiah siswa di beberapa sekolah di Indonesia masih banyak yang rendah, salah satunya di MA NU Miftahul Falah Kudus. Hal ini diketahui berdasarkan pengukuran keterampilan kerja ilmiah siswa kelas XI MA NU Miftahul Falah Kudus menggunakan instrumen soal tes dan hasilnya tergolong rendah dengan data pada kategori tidak terampil yaitu 6,7%; kurang terampil 80%; terampil 13,3%; dan sangat terampil 0%. MA NU Miftahul Falah Kudus juga memiliki keterbatasan bahan ajar berupa petunjuk praktikum biologi yang digunakan belum sesuai standar ideal, dilihat pada segi desain tampilan dan segi isi atau materi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan petunjuk praktikum berbasis model Predict, Observe, Explain (POE) terintegrasi keterampilan kerja ilmiah; menganalisis validitas kelayakannya; dan mendeskripsikan respon siswa terhadap petunjuk praktikum. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (RnD). Prosedur pengembangannya menggunakan model ADDIE yang meliputi 5 langkah yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Petunjuk Praktikum Berbasis Model Predict, Observe, Explain (POE) Terintegrasi Keterampilan Kerja Ilmiah dinyatakan sangat layak atau sangat valid digunakan sebagai bahan ajar kegiatan praktikum berdasarkan perolehan penilaian ahli materi yakni 83,8% (sangat layak); ahli media yakni 94,4% (sangat layak); dan ahli metodologi pembelajaran yakni 91,6% (sangat layak). Hasil penilaian respon atau tanggapan guru biologi sebagai praktisi adalah 80,17% (layak) dan hasil respon siswa kelas XI IPA pada uji coba produk skala kecil diperoleh persentase 88,77% (sangat layak).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Petunjuk praktikum; Biologi; Model predict, observe, explain (POE); Keterampilan kerja ilmiah; Siswa kelas XI |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 06:29 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 06:29 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27595 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year