Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya belajar pada materi SPLDV siswa kelas VIII MTs Fatahillah tahun pelajaran 2022/2023

Muvid, Muhammad Rosis (2024) Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya belajar pada materi SPLDV siswa kelas VIII MTs Fatahillah tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056062_M Rosis Muvid_Full] Text (Skripsi_1808056062_M Rosis Muvid_Full)
Skripsi_1808056062_M Rosis Muvid_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemecahan masalah menurut teori John Dewey Pada Materi SPLDV ditinjau dari klasifikasi gaya belajar. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Fatahillah, yang terdiri dari 34 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial terdapat siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi, sedang dan rendah, dan gaya belajar kinestetik hanya terdapat siswa dengan kemampuan pemecahan masalah sedang. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan siswa dengan kemampuan pemecahan masalah rendah tidak memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah John Dewey. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah John Dewey. Adapun pada kemampuan pemecahan masalah sedang dengan gaya belajar visual hanya memenuhi indikator mendiagnosis atau mendefinisikan masalah, menyusun beberapa solusi, dan mengambil hipotesis terbaik. Siswa kemampuan pemecahan masalah sedang dengan gaya belajar auditorial memenuhi indikator menghadapi masalah, mendiagnosis atau mendefinisakn masalah, dan menyusun beberapa solusi. Siswa kemampuan pemecahan masalah sedang dengan gaya belajar kinestetik hanya memenuhi indikator menghadapi masalah, dan menyusun beberapa solusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah; Gaya belajar; John Dewey
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2025 04:09
Last Modified: 12 Sep 2025 04:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27619

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics