Efektivitas model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Blado

Khasanah, Viana Makrifatul (2024) Efektivitas model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Blado. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056077_VianaMakrifatulK_Full] Text (Skripsi_1808056077_VianaMakrifatulK_Full)
Skripsi_1808056077_VianaMakrifatulK_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy pada siswa di SMP Negeri 2 Blado yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Blado. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan metode eksperimen dan berdesain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A-VIII C yang berjumlah 90 siswa. Sampel penelitian ini diambil secara acak dengan teknik cluster random sampling yang diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Selanjutnya pengambilan data dilakukan dengan tes dan angket dan dianalisis menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah 57,833 dan kelas kontrol adalah 51,5. Berdasarkan analisis diperoleh nilai thitung=2,91031. Di sisi lain diperoleh rata-rata skor self efficacy kelas eksperimen adalah 60,833 dan kelas kontrol adalah 51,533. Dari uji perbandingan rata-rata self efficacy diperolehthitung= 4,7739. Dengan α=5% diperoleh nilai ttabel= 1,672. Dengan demikian, masing-masing data kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy memiliki nilai thitung > ttabel. Artinya terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CPS efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Blado.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem solving; Kemampuan pemecahan masalah; Self efficacy
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2025 04:21
Last Modified: 12 Sep 2025 04:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27620

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics