Efektivitas model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Blado
Khasanah, Viana Makrifatul (2024) Efektivitas model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Blado. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1808056077_VianaMakrifatulK_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1808056077_VianaMakrifatulK_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy pada siswa di SMP Negeri 2 Blado yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Blado. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan metode eksperimen dan berdesain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A-VIII C yang berjumlah 90 siswa. Sampel penelitian ini diambil secara acak dengan teknik cluster random sampling yang diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Selanjutnya pengambilan data dilakukan dengan tes dan angket dan dianalisis menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah 57,833 dan kelas kontrol adalah 51,5. Berdasarkan analisis diperoleh nilai thitung=2,91031. Di sisi lain diperoleh rata-rata skor self efficacy kelas eksperimen adalah 60,833 dan kelas kontrol adalah 51,533. Dari uji perbandingan rata-rata self efficacy diperolehthitung= 4,7739. Dengan α=5% diperoleh nilai ttabel= 1,672. Dengan demikian, masing-masing data kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy memiliki nilai thitung > ttabel. Artinya terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CPS efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Blado.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem solving; Kemampuan pemecahan masalah; Self efficacy |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 04:21 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 04:21 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27620 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year