Efektivitas kombinasi model inquiry based learning dan group investigation terhadap minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI MAN 2 Tegal
Nada, Dinar Qothrun (2024) Efektivitas kombinasi model inquiry based learning dan group investigation terhadap minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI MAN 2 Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1908056031_Dinar Qothrun Nada_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1908056031_Dinar Qothrun Nada_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
Kurangnya kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas XI MAN 2 Tegal menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan kombinasi model Inquiry Based Learrning dan Group Investigation terhadap minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Program Linear. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Dalam penelitian ini, tes, angket dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data.
Berdasarkan hasil penelitian, siswa di kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar 70,795, sedangkan siswa di kelas kontrol memiliki rata-rata 61. Perbedaan rata-rata tersebut selanjutnya diuji dengan menggunakan uji-t, yang menghasilkan thitung = 7,016 dan ttabel = 1,993. Karena thitung > ttabel maka dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kemudian, data menunjukkan bahwa dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol sebesar 50,29, skor angket siswa kelas eksperimen adalah 62,53. Selanjutnya, digunakan uji-t untuk menentukan perbedaan rata-rata, diperoleh thitung = 1,933 dan ttabel = 1,665. Karena thitung > ttabel maka dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata minat belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi model Inquiry Based Learning dan Group Investigation efektif terhadap Minat Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa kelas XI MAN 2 Tegal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inquiry based learning; Group investigation; Minat belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 04:28 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 04:28 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27683 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year