Pengaruh model pembelajaran the learning cell berbantuan geogebra terhadap minat belajar dan pemahaman konsep matematis siswa

Ramadhan, Faqih Ndaru (2023) Pengaruh model pembelajaran the learning cell berbantuan geogebra terhadap minat belajar dan pemahaman konsep matematis siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Faqih Ndaru R_1908056045_lengkap] Text (Skripsi_Faqih Ndaru R_1908056045_lengkap)
Skripsi_Faqih Ndaru R_1908056045_lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengatahui pengaruh model pembelajaran The Learning Cell berbantuan Geogebra terhadap minat belajar dan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, kelompok pertama mendapat perlakuan berupa model pembelajaran The Learning Cell berbantuan Geogebra sedangkan kelompok kedua tidak diberikan perlakuan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Limbangan dengan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar dan test tulis pemahaman konsep matematis pada materi kedudukan dua lingkaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran The Learning Cell berbantuan Geogebra terhadap minat belajar, hal ini terlihat pada Nilai thitung > ttabel dengan rata-rata nilai kelas eksperimen 59,51 dan kelas kontrol 54. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran The Learning Cell berbantuan Geogebra terhadap pemahaman konsep matematis, Hal ini terlihat pada Nilai thitung > ttabeldengan rata-rata nilai kelas eksperimen 90,41 dan kelas kontrol 81,70.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; The learning cell; Geogebra; Minat belajar; Pemahaman konsep
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:16
Last Modified: 18 Sep 2025 07:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27687

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics