Efektivitas model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan kepercayaan diri siswa pada materi segitiga
Qoyyima, Faricha Dinal (2023) Efektivitas model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan kepercayaan diri siswa pada materi segitiga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1908056052_Faricha Dinal Qoyyima_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1908056052_Faricha Dinal Qoyyima_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Pemahaman konsep matematis dan kepercayaan diri merupakan kemampuan penting yang harus dicapai dalam pembelajaran matematika. Akan tetapi, siswa di MTs Tarbiyatul Mubtadiin masih memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis dan kepercayaan diri yang rendah. Hal tersebut disebabkan karena penerapan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa bersifat pasif saat pembelajaran dan kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan kepercayaan diri siswa pada materi segitiga. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk the non-equivalent pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata nilai posttest kelas kontrol dengan nilai t_hitung=2,0118 > t_tabel=2,0085 dan hasil uji N-Gain kelas eksperimen memperoleh nilai 0,41. Demikian juga dengan rata-rata nilai angket dari kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata nilai angket dari kelas kontrol dengan nilai t_hitung=2,2937 > t_tabel=2,0085. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative script efektif terhadap keamampuan pemahaman konsep matematis dan kepercayaan diri siswa pada materi segitiga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Cooperative script; Pemahaman konsep matematis; Kepercayaan diri |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:55 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27704 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year