Pengaruh kecerdasan logis matematis dan kecerdasan visual spasial terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII MTs Miftahul Hasanah materi pokok segiempat dan Segitiga

Kurniawan, Rizqi Hamdan (2024) Pengaruh kecerdasan logis matematis dan kecerdasan visual spasial terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII MTs Miftahul Hasanah materi pokok segiempat dan Segitiga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056097_Rizqi Hamdan K_FULL] Text (Skripsi_1908056097_Rizqi Hamdan K_FULL)
Skripsi_1908056097_Rizqi Hamdan K_FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis yang dimiliki siswa dipengaruhi oleh beberapa aspek, dua diantaranya adalah kecerdasan logis matematis dan efikasi diri yang ada pada siswa, sehingga perlu untuk memaksimalkan kedua aspek tersebut. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi r = 0,464 dan koefisien determinasi r^2=0,2116. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep adalah sebesar 21,16% (2) Ada pengaruh yang signifikan kecerdasan visual spasial terhadap kemampuan pemahaman konsep yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi r = 0,4345 dan koefisien determinasi r^2=0,1888. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh kecerdasan visual spasial terhadap kemampuan pemahaman konsep adalah sebesar 18,88% (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan logis matematis dan kecerdasan visual spasial terhadap kemampuan pemahaman konsep adalah sebesar 26,52%, dengan persamaan
Y ̂=56,0069+0,4554X_1+0,3585X_2 . Artinya masih tetap diperoleh skor kemampuan pemahaman konsep sebesar 56,0069 tanpa dipengaruhi oleh variabel X_1 dan X_2

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan logis matematis; Kecerdasan visual spasial; Kemampuan pemahaman konsep
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:36
Last Modified: 19 Sep 2025 06:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27739

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics