Efektivitas model pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa materi lingkaran kelas XI MAN Kendal tahun ajaran 2023/2024
Aida, Dewi Nur (2023) Efektivitas model pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa materi lingkaran kelas XI MAN Kendal tahun ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1908056114_Dewi Nur Aida_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1908056114_Dewi Nur Aida_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (15MB)
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada rendahnya motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI MAN Kendal khususnya pada materi Lingkaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah pada materi lingkaran terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI MAN Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berdesain pretest posttest control design dengan teknik cluster random sampling dipilih kelas XI-A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-D sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan metode tes dan angket yang kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik uji t dan N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata skor motivasi belajar siswa kelas eksperimen sebelum perlakuan model pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD berbasis masalah sebesar 52,06 dan rata-rata setelah perlakuan model pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD berbasis masalah sebesar 56,11. Dari uji hipotesis penelitian menggunakan uji paired sample t-test diperoleh t_hitung=7,425>t_((0.05,35) )=2,030 maka disimpulkan ada perbedaan motivasi belajar kelas eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan model pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD berbasis masalah. Berdasarkan hasil uji N-Gain diperoleh peningkatan motivasi belajar sebesar 0,1768 dengan kriterian peningkatan rendah. (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD berbasis masalah sebesar 62,84 pada kelas kontrol diperoleh rata-rata 55,17. Dari hasil uji hipotesis penelitian menggunakan uji t pihak kanan diperoleh t_hitung=2,547>t_tabel=1,998. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan rata-rata tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD berbasis masalah pada kelas eksperimen memperoleh hasil yang lebih baik dan dapat dikatakan efektif daripada kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan. Disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD berbasis masalah pada materi lingkaran efektif terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI MAN Kendal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar; Kemampuan pemecahan masalah; Discovery learning; Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 01:15 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 01:15 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27746 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year