Analisis pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun datar ditinjau dari self efficacy siswa SMP IT Amal Insani

Allifni, Farras Ulayya (2023) Analisis pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun datar ditinjau dari self efficacy siswa SMP IT Amal Insani. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056122_Farras Ulayya Allifni_full] Text (Skripsi_1908056122_Farras Ulayya Allifni_full)
Skripsi_1908056122_Farras Ulayya Allifni_full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun datar siswa SMP IT Amal Insani Jepara yang memiliki self efficacy rendah, sedang, dan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Siswa yang memiliki self efficacy rendah tidak memenuhi semua indikator pemahaman konsep. Siswa yang memiliki sefl efficacy sedang rendah juga tidak memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah. 2) Siswa yang memiliki self efficacy sedang hanya mampu memenuhi 1 indikator pemahaman konsep, yaitu menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis. Serta siswa yang memiliki self efficacy sedang hanya memenuhi 1 indikator pemecahan masalah, yaitu menentukan masalah. 3) Siswa yang memiliki self efficacy tinggi memenuhi semua indikator pemahaman konsep, yaitu menyatakan ulang konsep, mengelompokkan objek atau bukan objek persyaratan membentuk konsep, mengelompokkan objek menurut sifat-sifat sesuai dengan konsepnya, menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis, dan menerapkan konsep dalam bentuk algoritma pemecahan masalah. Siswa yang memiliki self efficacy tinggi juga memenuhi semua indikator dan kemampuan pemecahan masalah, yaitu menentukan masalah, merumuskan hipotesis pemecahan masalah, dan menerapkan cara pemecahan yang dipilih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah; Pemahaman konsep; self efficacy
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 22 Sep 2025 01:22
Last Modified: 22 Sep 2025 01:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27749

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics