Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari kemandirian belajar siswa kelas VII SMPN 31 Semarang pada materi bilangan

Alkarim, Karina Rizky (2024) Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari kemandirian belajar siswa kelas VII SMPN 31 Semarang pada materi bilangan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008056003_KARINA RIZKY ALKARIM_LENGKAP] Text (Skripsi_2008056003_KARINA RIZKY ALKARIM_LENGKAP)
Skripsi_2008056003_KARINA RIZKY ALKARIM_LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari kemandirian belajar siswa kelas VII SMPN 31 Semarang pada materi bilangan. Metode yang digunakan merupakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 6 siswa kelas VII SMPN 31 Semarang tahun pelajaran 2023/2024, dimana 6 siswa ini merupakan 2 siswa dengan kemandirian belajar kategori tinggi, 2 siswa dengan kategori kemandirian belajar sedang, dan 2 siswa dengan kategori kemandirian belajar rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes angket kemandirian belajar, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara semiterstruktur. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Subjek dengan kategori kemandirian belajar tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah yang berketegori tinggi, 2) Subjek dengan kategori kemandirian belajar sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang berketegori sedang, dan 3) Subjek dengan kategori kemandirian belajar rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah yang berketegori sangat tinggi dan sedang. Jadi dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah memiliki kaitan dengan kemandirian belajar, namun tidak sepenuhnya kemandirian belajar berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah; Kemandirian belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 22 Sep 2025 01:42
Last Modified: 22 Sep 2025 01:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27756

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics