Pengaruh motivasi belajar pada model pembelajaran discovery learning terhadap kemandirian belajar dan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII SMPN 18 Semarang pada materi persamaan linier
Ramandhani, Vina (2023) Pengaruh motivasi belajar pada model pembelajaran discovery learning terhadap kemandirian belajar dan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII SMPN 18 Semarang pada materi persamaan linier. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2008056007_Vina Ramandhani_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2008056007_Vina Ramandhani_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model discovery learning terhadap motivasi belajar dan mengetahui perbedaan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, sedang, dan tinggi pada kelas yang telah diberikan model discovery learning terhadap kemandirian belajar dan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII SMP N 18 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experiment tipe posttest only control group design dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil analisis dari uji t-independent diperoleh t_hitung=2,361178 >t_tabel=2,37722. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar siswa. Selanjutnya pengkategorian motivasi belajar pada kelas dengan model discovery learning terdapat 3 siswa dengan motivasi belajar rendah, 25 sedang, dan 5 tinggi. Menggunakan uji MANOVA Satu Arah secara simultan diperoleh p_(-value)=0,000 dengan signifikasi 0,05 sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan antara kemandirian siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, sedang, dan tinggi setelah mendapatkan model discovery learning. Secara parsial diperoleh p_(-value)=0,000 dengan signifikasi 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan koneksi matematis siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, sedang, dan tinggi setelah mendapatkan model discovery learning. Serta diperoleh p_(-value)=0,000 dengan signifikasi 0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan antara kemandirian siswa dan kemampuan koneksi matematis siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, sedang, dan tinggi setelah mendapatkan model discovery learning pada kelas VII materi persamaan linier SMP N 18 Semarang tahun pelajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar; Model discovery learning; Kemandirian belajar; Kemampuan koneksi matematis |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 02:12 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 02:12 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27760 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year