Efektivitas penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD berbasis kearifan lokal Kota Semarang terhadap self efficacy dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi SPLDV Kelas VIII MTs NU Nurul Huda tahun ajaran 2023/2024

Saputri, Mahmudah Ihsan (2024) Efektivitas penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD berbasis kearifan lokal Kota Semarang terhadap self efficacy dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi SPLDV Kelas VIII MTs NU Nurul Huda tahun ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of sKRIPSI_2008056006_Mahmudah Ihsan Saputri_Lengkap] Text (sKRIPSI_2008056006_Mahmudah Ihsan Saputri_Lengkap)
sKRIPSI_2008056006_Mahmudah Ihsan Saputri_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model PBL Berbantuan LKPD berbasis kearifan lokal Kota Semarang terhadap self efficacy dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental design berbentuk pretest – posttest control group design. Populasi yang digunakan yaitu kelas VIII MTs. NU Nurul Huda tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 6 kelas, sedangkan sampel adalah kelas VIII C (kelas eksperimen) dan kelas VIII A (kelas kontrol). Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan didapatkan skor rata – rata angket self efficacy siswa kelas eksperimen sesudah perlakuan yaitu 71,75 lebih tinggi daripada skor rata – rata angket self efficacy siswa kelas eksperimen sebelum perlakuan yaitu 55,30. Hasil analisis dengan uji Paired Sample T – Test diperoleh t_hitung=15,801>t_tabel=2,042. Hal ini berarti rata – rata kemampuan self efficacy kelas eksperimen sesudah perlakuan lebih baik dari rata – rata kemampuan self efficacy sebelum perlakuan. Berdasarkan uji N – Gain Angket Self Efficacy diperoleh N – Gain = 0,4 sehingga terdapat peningkatan dalam kategori sedang. Sedangkan hasil analisis tes didapatkan bahwa skor rata – rata posttest kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yaitu 80,57, lebih tinggi daripada skor rata – rata posttest kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol yaitu 67,95. Berdasarkan uji perbedaan rata – rata tahap akhir kemampuan berpikir kritis menggunakan uji t pihak kanan diperoleh t_hitung=4,9 dan t_tabel=1,67 pada taraf signifikansi 5%. Karena t_hitung=4,9>t_tabel=1,67 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima, sehingga dapat diartikan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan LKPD berbasis kearifan lokal kota Semarang lebih baik dari siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berbantuan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Kota Semarang efektif terhadap self efficacy dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) MTs. NU Nurul Huda Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Self efficacy; Kemampuan berpikir kritis; Problem based learning; Kearifan lokal
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 22 Sep 2025 02:29
Last Modified: 22 Sep 2025 02:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27763

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics