Efektivitas model pembelajaran scramble dan project based learning berbantuan vlog pembelajaran terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa kelas X MA Nurul Huda Mereng
Fahiroh, Noviatul (2024) Efektivitas model pembelajaran scramble dan project based learning berbantuan vlog pembelajaran terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa kelas X MA Nurul Huda Mereng. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2008056010_Noviatul Fahiroh_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2008056010_Noviatul Fahiroh_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (7MB)
Abstract
Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berfikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal statistika data kelompok di MA Nurul Huda Mereng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan kombinasi dua model pembelajaran scramble dan project based learning berbantuan vlog pembelajaran efektif dalam proses meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa. Jenis penilitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest only design dengan teknik pengumpulan data berupa teknik tes tertulis. Hasil analisis data melalui uji paired sample t-test diperoleh T_hitung=23,339> t_tabel=1,692 dengan nilai rata-rata pretest dan posttest berturut-turut adalah 30,88 dan 76,85 dapat disimpulkan bahwa diperoleh hasil T_hitung > t_tabel dengan taraf signifikansi 5%, dimana H_0 ditolak artinya nilai rata-rata kemampuan berfikir kreatif siswa mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan penggunaan model pembelajaran scramble dan project based learning berbantuan vlog (penerapan model pembelajaran efektif). Keefektifan penerapan model pembelajaran pada penelitian ini adalah sebesar 62% dengan kriteria efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berfikir kreatif; Model pembelajaran scramble; Project based learning; Vlog pembelajaran; Kombinasi dua model pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 02:36 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 02:36 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27764 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year