Efektivitas model pembelajaran kolaboratif tipe murder terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi peluang kelas X

Sufa, Fajriana Faila (2024) Efektivitas model pembelajaran kolaboratif tipe murder terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi peluang kelas X. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008056011_FAJRIANA FAILA SUFA_LENGKAP] Text (Skripsi_2008056011_FAJRIANA FAILA SUFA_LENGKAP)
Skripsi_2008056011_FAJRIANA FAILA SUFA_LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat belajar siswa kelas X MAN 1 Jepara yang tergolong rendah. Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal dalam bentuk cerita dan cenderung menggunakan aplikasi Qanda dan Brainly ketika ada PR. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kolaboratif tipe Mood, Understand, Recall, Digest, Expand and Review (MURDER) terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi peluang kelas X MAN 1 Jepara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design tipe Non-Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dengan diperoleh kelas X-E2 sebagai kelas control dan kelas X-E3 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaboratif tipe Mood, Understand, Recall, Digest, Expand and Review (MURDER) cukup efektif terhadap minat belajar siswa dengan menggunakan uji Paired t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh μ_1=56 dan μ_2=40 sehingga μ_1>μ_2 maka H_0 ditolak, artinya terdapat perbedaan rata-rata minat belajar siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan. Ditambah dengan hasil N-Gain yaitu sebesar 57,5% dengan N-Gain Score sebesar 0,5775 artinya dalam kategori sedang. Model pembelajaran kolaboratif tipe Mood, Understand, Recall, Digest, Expand and Review (MURDER) juga efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan uji Independent t-test diperoleh μ_1=55,11 dan μ_2=47,78 sehingga μ_1>μ_2 maka H_0 ditolak, artinya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran mood; Understand; Recall; Digest; Expand and Review (MURDER); Minat belajar; Berpikir kreatif Matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 22 Sep 2025 03:04
Last Modified: 22 Sep 2025 03:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27768

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics