Upaya meningkatkan keaktifan dan berpikir kritis materi bangun datar melalui model NHT dengan bantuan quizizz untuk siswa kelas VII A SMPN 28 Semarang
Saadah, Naelis (2024) Upaya meningkatkan keaktifan dan berpikir kritis materi bangun datar melalui model NHT dengan bantuan quizizz untuk siswa kelas VII A SMPN 28 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2008056013_NAELIS SA_ADAH_FULL]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2008056013_NAELIS SA_ADAH_FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berisi tentang upaya yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran dan meningkatka kemampuan berpikir kritis siswa pada bahasan materi segi empat kelas VII A di SMPN 28 Semarang dengan implementasi model pembelajaran NHT dan media pembelajaran Quizizz. Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya keaktifan siswa dalam merespon pembelajaran dan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang mengakibatkan hasil belajar yang belum mencapai nilai rata-rata KKM di SMPN 28 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian pada siklus I diperoleh rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis matematika siswa sebesar 70,01, persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 60%, persentase hasil observasi keaktifan siswa selama pembelajaran sebesar 67,17%, dan persentase hasil observasi aktivitas guru selama pembelajaran sebesar 60%. Berdasarkan hasil analisis peneliti dan observer, hasil belajar pada siklus I belum mencapai indikator yang telah ditentukan yaitu sesuai dengan nilai rata-rata KKM di SMPN 28 Semarang sebesar 78%, ketuntasan rata-rata siswa dengan nilai 75. Hal tersebut dikarenakan pada siklus I siswa belum pernah mendapatkan materi dengan NHT dan media pembelajaran Quizizz siswa bingung cara pemakaian aplikasi tersebut, siswa jarang berperan aktif dalam merespon pembelajaran. Pelaksanaan siklus II dilakukan perbaikan dalam kekurangan yang ditemukan di siklus I. Berdasarkan hasil analisis akhir pada siklus II diperoleh nilai rata-rata yang meningkat sebesar 76,1, dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 80%, persentase hasil observasi keaktifan siswa juga meningkat sebesar 78,17%, dan persentase hasil observasi aktivitas guru yang juga meningkat sebesar 80%. Hasil analisis akhir siklus I dan siklus II, rata-rata hasil tes kemampuan siswa, ketuntasan klasikal , hasil observasi keaktifan siswa, dan hasil observasi aktivitas guru mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Terbukti bahwa dengan implementasi model pembelajaran NHT dan media pembelajaran Quizizz dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII A SMPN 28 Semarang
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis; Number Head Together (NHT); Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:33 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:33 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27777 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year