Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan geogebra pada materi bangun ruang sisi datar terhadap higher order thinking skills siswa kelas 8 SMP N 1 Bawang

Mustafiya, Laelatul (2024) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan geogebra pada materi bangun ruang sisi datar terhadap higher order thinking skills siswa kelas 8 SMP N 1 Bawang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008056020_Laelatul Mustafiya_Full] Text (Skripsi_2008056020_Laelatul Mustafiya_Full)
Skripsi_2008056020_Laelatul Mustafiya_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan model pembelajaran di kelas VIII SMP N 1 Bawang tahun ajaran 2023/2024 yang kurang memfasilitasi Higher Order Thinking Skills siswa khususnya pada materi bangun ruang sisi datar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Geogebra efektif terhadap Higher Order Thinking Skills siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP N 1 Bawang tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berdesain posttest only control desain dengan teknik cluster random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Bawang tahun ajaran 2023/2024, dengan sampel yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan metode tes yang kemudian dianalisis menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan analisis tahap akhir diperoleh hasil bahwa rata-rata Higher Order Thinking Skills kelas eksperimen 61,8 dan kelas kontrol 50,8 dari uji t independent t_hitung=2,893 > t_tabel=1,994 dan μ_1>μ_2, maka H_0 ditolak dan H_1 diterima, yang artinya Higher Order Thinking Skills siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Geogebra lebih baik dari pada Higher Order Thinking Skills siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Geogebra. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Geogebra efektif terhadap Higher Order Thinking Skills siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP N 1 Bawang tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif; Tipe STAD; Higher order thinking skills; Geogebra
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 22 Sep 2025 04:27
Last Modified: 22 Sep 2025 04:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27786

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics