Efektivitas model pembelajaran EPIC-R terhadap self efficacy dan kemampuan komunikas matematis siswa kelas vii pada materi hubungan antar dua sudut MTs NU 09 Gemuh Kendal tahun pelajaran 2023/2024
Afidah, Naili Syifaul (2024) Efektivitas model pembelajaran EPIC-R terhadap self efficacy dan kemampuan komunikas matematis siswa kelas vii pada materi hubungan antar dua sudut MTs NU 09 Gemuh Kendal tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of sKRIPSI_2008056026_Naili Syifa_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
sKRIPSI_2008056026_Naili Syifa_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk efektivitas model pembelajaran EPIC-R terhadap self efficacy dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII pada materi hubungan antar dua sudut MTs NU 09 Gemuh Kendal tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design dengan teknik cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari kelas VII A, VII B, dan VIIC yang berjumlah 62 siswa. menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII C sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket self efficacy dan tes kemampuan komunikasi matematis yang kemudian dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis untuk angket diperoleh rata-rata self efficacy kelas yang menggunakan model pembelajaran EPIC-R sebesar 58,952 dan rata-rata self efficacy kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran EPIC-R sebesar 55,1 didapatkan t_hitung=2,069 . Dengan taraf signifikan 5% diperoleh t_tabel=1,684 maka t_hitung>t_tabel. Dan untuk hasil kemampuan komunikasi matematis diperoleh rata-rata kelas yang menggunakan model pembelajaran EPIC-R sebesar 68,761 dan rata-rata kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran EPIC-R sebesar 56,25 didapatkan t_hitung=2,034 dengan taraf signifikan 5% diperoleh t_tabel=1,684 maka t_hitung>t_tabel. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran EPIC-R efektif terhadap self efficacy dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII pada materi hubungan antar dua sudut MTs NU 09 Gemuh Kendal tahun pelajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EPIC-R; self efficacy; Kemampuan komunikasi matematis |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 06:53 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 06:53 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27790 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year